Minggu, 29 September 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA GIWANGRETNO, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN

MALAM TIRAKATAN dan TASYAKURAN DALAM RANGKA HUT RI KE-79 TAHUN 2024

MALAM TIRAKATAN dan TASYAKURAN DALAM RANGKA HUT RI KE-79 TAHUN 2024

Giwangretno, 16 Agustus 2024 - Malam tirakatan adalah tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut HUT kemerdekaan RI yang dilakukan dengan berkumpul bersama di masing-masing RT, RW, bahkan desa pada 16 Agustus malam 17, tidak ketinggalan juga Desa Giwangretno Kec. Sruweng Kab. Kebumen telah melaksanakan Malam Tirakatan dan Tasyakuran dalam rangka peringatan HUT RI ke-79.
Pada malam tirakatan Pemerintah Desa Giwangretno bersama tokoh-tokoh masyarakat dan warga menggelar doa bersama bagi para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, pada malam tirakatan ini juga diisi dengan sambutan dari sesepuh atau tokoh setempat kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.

Salah satu makanan yang tidak ketinggalan dalam malam tirakatan 17 Agustus adalah tumpeng.

Pada sebagian daerah, setiap warga membawa makanan masing-masing dari rumah, namun adapula yang memasak secara gotong royong. Dalam perkembangannya malam tirakatan 17 Agustus, tidak hanya diisi dengan doa dan tetapi juga diisi dengan berbagai acara kesenian tradisional. Bahkan, sebagian daerah menjadikan malam tirakatan sebagai puncak rangkaian perayaan 17 Agustus, yang diisi dengan membagikan hadiah dari berbagai lomba di hari sebelumnya. 

Mudah-mudahan kita bisa meneruskan perjuangan para pendahulu kita dengan kemampuan dan pengatuan

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter