Minggu, 29 September 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA GIWANGRETNO, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN

Kegiatan Ubinan Kelompok Tani Desa Giwangretno

Kegiatan Ubinan Kelompok Tani Desa Giwangretno

Giwangretno, 31/07/2023

Kelompok Tani Tani Makmur Desa Giwangretno melakukan ubinan MT II didampingi Tim dari Bpp Kecamatan Sruweng serta diikuti oleh anggota kelompok tani,pemdes dan mahasiswa KKN UIN Purwokerto yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Giwangretno.Ubinan adalah salah satu cara memprediksi jumlah produksi padi melalui sampel pengukuran dan penimbangan.

Kegiatan ubinan ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui dan yang harus disiapkan secara sederhana seperti,alat ukur luas yang di ubin,alat panen padi,terpal,karung dan timbangan.

Dari hasil ubinan kali ini pada petak pertama (2,5x2,5) didapatkan gabah bersih 4,6x16=73,6/ha dan pada petak ke dua didapatkan gabah bersih 4,9x16=78,4/ha. Secara umum panen di Desa Giwangretno saat ini sudah dimulai dan bisa dikatakan panen musim MT II cukup bagus dengan hasil memuaskan.

Kesempatan kali ini TIM BPP Kecamatan Sruweng memberikan himbauwan terkait penggunaan pupuk organik pada lahan pertanian, sehingga dalam pemakaian pupuk kimia dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga produksi padi bisa lebih meningkat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter